Buah Keranji

Tidak semua orang mengenal buah keranji / kranji. Buah keranji (Dialum indum) banyak ditemukan di daerah Sumatera dan Kalimantan, namun sekarang populasinya sudah semakin sedikit. Buah ini berdiameter kurang lebih 2cm, bercangkang hitam rapuh, daging berwarna oranye dan memiliki biji tunggal dengan rasa asam manis.

Yang pertama kali mengenalkan buah ini kepada saya adalah nenek saya, karena buah ini tumbuh di belakang rumah nenek. Sekarang buah ini lumayan sulit ditemukan. Beberapa hari yang lalu saya menemukan buah ini dijual di toko buah dengan harga yang lumayan mahal yaitu Rp 50.000 / kg. Guna keperluan membuat artikel ini dan memang sudah lama tidak mencicipi maka saya membelinya setengah kilo saja. Ada sedikit berbeda rasanya dengan buah keranji yang sering saya makan dulu. Buah keranji yang ini ukurannya lebih besar tapi rasanya kurang asam sehingga kurang ‘greget’, tapi lumayanlah buat teman nonton tv.

Ada yang belum pernah mencoba? Wah..sayang sekali, kamu harus coba, atau penasaran sampe mati…(*lebay*) :-D :-D

~ by aftiabdullah on May 7, 2010.

2 Responses to “Buah Keranji”

  1. Uhuyy.. Ibu Afti ini saya jadi ngerenyam nya lihat foto keranji ya…

  2. di up date donk tulisannya.. :)

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

